News :
Perhatian PT. EQUITY SEKURITAS INDONESIA Terdaftar dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) | Kami beritahukan bahwa telah dilakukan update pada Aplikasi online ESI-ON ke ver. 1.0.0.57 | Apabila terjadi Error pada aplikasi Online anda silahkan hubungi Admin Online Trading, dengan Ibu Fenny (021) 8063-2800 Ext. 804 |

Morning Note 9 Januari 2020

IHSG di perdanagan kemarin di tutup turun -53.66 poin atau melemah -0.85% setelah bergerak melemah sepanjang sesi perdagangan. Sebanyak 304 saham di tutup melemah, 105 saham di tutup naik dan 131 saham di tutup stagnan. Secara sektoral, sebanyak 9 sektor di tutup turun dengan penurunan terbesar di pimpin oleh sektor Industri dasar di susul sektor pertanian yang di tutup masing masing -2.15% dan -1.55%. Aksi jual asing di saham saham unggulan seperti BBCA, BMRI, TLKM turut menekan pergerakan IHSG. Kinerja IHSG sejalan dengan kinerja bursa saham utama kawasan asia yang kompak di tutup di zona merah. Bursa asia melemah bersama pasar saham global  setelah Iran menembakkan rudal ke dua fasilitas militer Amerika Serikat di Irak. Pihak Pentagon AS telah mengkonfirmasi perihal serangkaian rudal tersebut. Serangan tersebut merupakan pembalasan Iran atas serangan udara AS di Irak yang menewaskan Jendral Iran Qasem Soleimani pada jumat lalu.
 
Indeks saham di bursa Wall Street di perdagangan tadi malam ditutup menguat. Indeks Dow di tutup menguat 0,56%, Indeks Nasdaq menguat 0,67% dan Indeks S&P menguat 0,49%. Menguatnya indeks tadi malam dipicu oleh setelah adanya pernyataan yang menenangkan dari Presiden Donald Trump terkait serangan rudal Iran ke fasilitas militer AS di Irak sebagai aksi balasan terhadap kematian Jendral Iran, Qasem Soleimani. Presiden Trump mengatakan bahwa semua baik-baik saja dan serangan Iran tersebut tidak menimbulkan korban di pihak AS serta juga mengatakan bahwa pemerintah Iran tampaknya akan menyudahi aksinya. Sementara di sisi lain, Menteri Luar Negeri Iran mengatakan bahwa pihaknya tidak menginginkan eskalasi lebih lanjut. Pernyataan Presiden Trump dan Menlu Iran tersebut membantu menenangkan kegelisahan investor. Menambah sentimen positif pada pasar, datang dari data ekonomi AS yakni ADP Employment Change Desember 2019 menunjukkan bahwa pembayaran gaji swasta naik 202.000, lebih tinggi dari proyeksi yang sebesar 160.000. Meredanya ketegangan geopolitik AS-Iran, mendorong anjloknya harga emas dan harga minyak mentah dunia.
 
Dari kawasan regional pagi ini, Indeks Nikkei dibuka menguat 1,40% yang turut dipicu oleh meredanya ketegangan geo politik di kawasan Timur Tengah dan melemahnya nilai tukar Yen. Senada dengan bursa Jepang, bursa di kawasan regional juga turut bergerak positif.
 
Untuk perdagangan di bursa domestik hari, IHSG diperkirakan berpotensi menguat seiring dengan meredanya ketegangan geopolitik AS-Iran. IHSG di perkirakan akan bergerak pada range 6213/6199—6244/6263.

Cermati :
WSKT, AKRA, ANTM, EXCL, INTP, ITMG, PTBA
 

     
BERITA EMITEN

MEDC : Menuntaskan divestasi kepemilikan asetnya pada blok minyak dan gas di Meksiko, Tunisia dan AS. Nilai pelepasan aset dari perseroan sekitar US$ 63,74 juta.
Rekomendasi : Netral
 
PGJO : Menargetkan kenaikan pendapatan hingga 120% pada 2020. Perseroan juga menjadi emiten yang pertama diperdagangkan sahamnya di papan akselerasi yang merupakan rintisan dari anggota IDX Incubator.
Rekomendasi : Netral
 
DKFT : Mengambil alih saham PT. Bumi Konawe Abadi (BKA) sebanyak 180.000 saham atau 30% dari total saham yang dikeluarkan oleh BKA yang merupakan perusahaan tambang nikel yang berlokasi di Kabupaten Morowali Utara-Sulawesi Tengah dan Kabupaten Konawe Utara– Sulawesi Tenggara.
Rekomendasi : Netral
 
LPKR : Perseroan mendapatkan dana segar US$ 124,3 juta atau Rp 1,28 triliun dari transaksi penjualan dua mal oleh LMIRT Management Ltd kepada NWP retail. Perseroan mendivestasikan kepemilikan saham pejaten village dan binjai supermall melalui anak usahanya yang merupakan pengelola dana investasi real estate yang berbasis di singapura. Aksi tersebut merupakan perubahan strategi perseroan ke arah pengelolaan portofolio secara aktif dan mengoptimalkan nilai pemegang saham serta meningkatkan valuasi REIT.
Rekomendasi : Netral
 
BUMI : Perseroan telah memproses pembayaran kedelapan sebesar US$11,6 juta melalui agen fasilitas pada 8 januari 2020, yang mewakili pinjaman pokok sebesar US$ 4,6 juta dan bunga sebesar US$ 7,0 juta untuk tranche A. Dengan di lakukannya pembayaran triwulanan kedelapan hari ini, perseroan saat ini telah membayar keseluruhan sebesar US$ 313,8 juta secara tunai.
Rekomendasi : Netral
 
WIKA : Perseroan menyiapkan belanja modal sebesar Rp 11,5 triliun pada tahun 2020. Dana ini akan di gunakan untuk penyertaan modal di entitas bisnis dan pengembangan usaha perseroan. Pada tahun ini, perseroan berencana mengembangkan beberapa proyek besar di bidang infrastruktur yakni antara lain proyek lanjutan LRT di Jakarta, jalan tol di Jawa Tengah dan pengembangan pelabuhan di Indonesia Timur. Selain itu, perseroan juga mengembangkan beberapa proyek di luar negeri seperti di Aljazair, Nigeria, Malaysia, Taiwan dan Timor Leste.
Rekomendasi : Netral

Morning Meeting

Morning Note 13 Juli 202013 Jul 2020 08:48

IHSG di perdagangan akhir pekan kemarin di tutup turun 21,54 poin atau melemah -0,43% setelah bergerak fluktuatif sepanjang sesi perdagangan. Sebanyak 262 saham di tutup turun, 142 [ ... ]

Read more...
Morning Note 9 Juli 202009 Jul 2020 08:58

IHSG di perdagangan kemarin di tutup naik 89,09 poin atau menguat 1,79% setelah bergerak menguat sepanjang sesi perdagangan. Sebanyak 224 saham di tutup naik, 174 saham di tutup turun [ ... ]

Read more...
Morning Note 1 Juli 202001 Jul 2020 08:59

IHSG di perdagangan kemarin di tutup naik 3,57 poin atau menguat 0,07% setelah begrerak fluktuatif sepanjang sesi perdagangan. Sebanyak 180 saham di tutup naik, 229 saham di tutup [ ... ]

Read more...
  • Yuk Nabung Saham, Ayo Investasi di Reksa Dana
  • Yuk Nabung Saham
  • OJK
  • IDX
  • KPEI
  • KSEI
  • Akses-Ksei
  • SIPF