News :
Perhatian PT. EQUITY SEKURITAS INDONESIA Terdaftar dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) | Kami beritahukan bahwa telah dilakukan update pada Aplikasi online ESI-ON ke ver. 1.0.0.57 | Apabila terjadi Error pada aplikasi Online anda silahkan hubungi Admin Online Trading, dengan Ibu Fenny (021) 8063-2800 Ext. 804 |

Morning Note 29 Agustus 2018

IHSG di perdagangan kemarin ditutup naik 16,68 poin atau menguat 0,28% setelah bergerak dalam range  6.023,22 -  6.065,25. Sebanyak 176 saham ditutup menguat, 194 saham melemah dan 138 saham stagnan. Sebanyak enam sektor ditutup menguat yang dipimpin oleh sektor Infrastruktur. Sementara empat sektor lainnya ditutup melemah  dimana pelemahan sektor Agri dan Aneka Industri yang melemah masing-masing –1,92% dan –2,39% , menjadi penahan IHSG untuk menguat lebih tinggi. Menguatnya IHSG kemarin mengikuti penguatan indeks di bursa Wall  Street dan bursa di kawasan regional, setelah merespon positif adanya kesepakatan perdagangan antara AS dengan Meksiko, yang untuk sementara meredakan sentimen perdagangan. Investor asing juga tercatat melakukan aksi beli bersih di pasar reguler yang mencapai Rp. 765,11 miliar yang merupakan aksi beli bersih beruntun  di empat sesi perdagangan.
 
Indeks saham di bursa Wall Street di perdagangan tadi malam masih melanjutkan penguatannya secara terbatas. Indeks Dow ditutup menguat 0,06%, Indeks Nasdaq menguat 0,15% dan Indeks S&P menguat 0,03%. Perdagangan tadi malam juga ditandai dengan indeks Nasdaq dan indeks S&P yang masih melanjutkan rekor penutupan tertinggi barunya. Sentimen kesepakatan perdagangan antara AS dengan Meksiko untuk merombak perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), masih menjadi sentimen positif penguat indeks tadi malam. Kesepakatan tersebut akan berlangsung selama 16 tahun dan akan dtinjau setiap enam tahun. Selain itu pelaku pasar juga mulai menggeser fokusnya kepada Kanada untuk melihat upaya Kanada untuk tetap mempertahankan NAFTA atau mengubah pendiriannya mengikuti Meksiko. Negosiasi dengan Kanada belum dimulai, namun Presiden AS, Donald Trump, mengindikasikan bahwa pihaknya terbuka untuk adanya kesepekatan dengan Kanada.  Saham-saham teknologi menjadi pendorong penguatan indeks tadi malam, yang mengimbangi penurunan pada saham sektor energi, telekomunikasi dan material. Namun penguatan indeks tadi malam tertahan oleh aksi ambil untung setelah reli indeks selama dua hari perdagangan secara beruntun.
 
Dari kawasan regional pagi ini, Indeks Nikkei dibuka menguat 0,02% yang masih dipengaruhi oleh optimisme terhadap kesepakatan perdagangan antara AS dan Meksiko serta harapan terhadap negosiasi perdagangan AS dengan negara lainnya.
 
Untuk perdagangan di bursa domestik hari ini, pergerakan IHSG diperkirakan akan bergerak sideways dengan kecenderungan rawan akan aksi profit taking.  IHSG hari ini diperkirakan akan bergerak dalam range 6021/6001 - 6063/6085.
Cermati :
EXCL, GGRM, HMSP, MAPI, PTBA, TLKM, UNVR
               
BERITA EMITEN

TBLA : Mendapatkan permintaan ekspor biodiesel perdana sejumlah 20.000 ton ke Tiongkok. Pengapalan tahap pertama sebanyak 10.000 ton sudah dilakukan pada bulan ini. Selain Tiongkok, perseroan juga melihat potensi pasar dari negara lain seperti Taiwan, Korea Selatan dan Thailand. Kendati mulai merambah pasar ekspor, perseroan masih tetap fokus memperdalam penetrasi produk biodiesel di pasar domestik.
Rekomendasi : Netral
 
ASII : Mengejar kenaikan pangsa pasar kendaraan roda empat dari level 48% pada semester I-2018 menjadi 50% pada akhir tahun ini. Dari sisi investasi, perseroan memprediksi investasi tahun ini berpotensi bertambah hingga Rp. 17 triliun seiring dengan diselesaikannya akuisisi tambang emas Martabe yang terletak di Tapanuli Selatan oleh entitas anak yakni PT. United Tractors Tbk.
Rekomendasi : Netral
 
PPRE : Sedang mematangkan rencana akuisisi perusahaan yang bergerak di bidang soil improvement untuk mendukung pengerjaan proyek strategis seperti bandara dan reklamasi. Perseroan memprediksi rencana akuisisi tersebut akan rampung pada Q4-2018 atau Q1-2019. Perseroan juga berencana menggalan dana hingga sebesar Rp. 2,4 triliun pada semester II-2018 dimana perseroan akan mengambil pinjaman bank sebesar Rp. 400 miliar sebelum akhir tahun dan menerbitkan surat utang dengan target maksimum Rp. 2 triliun.
Rekomendasi : Netral
 
SGRO : Menargetkan volume produksi CPO naik 10%-15% pada tahun ini. Sebelumnya di semester I-2018 perseroan mencatatkan produksi CPO sebanyak 155.216 ton atau naik 13,54% secara tahunan. Terkait dengan target pendapatan, target sulit diprediksi dikarenakan terkait harga jual CPO dan untuk meningkatkannya, perseroan akan melakukan efisiensi dan optimalisasi operasional.
Rekomendasi : Netral
 
PANR : Akan terus melebarkan sayap di Asia Tenggara melalui pembukaan kantor cabang baru untuk meningkatkan pangsa pasar perseroan. Setelah membuka satu kantor operasional di Malaysia, perseroan saat ini sedang menjajaki tiga negara lainnya antara lain Thailand, Vietnam dan Filipina.
Rekomendasi : Netral
 
GJTL : Mematok pertumbuhan penjualan dan pendapatan pada tahun ini pada rentang 5%-10%, merujuk pada pertumbuhan permintaan di pasar domestik yang menunjukkan kenaikan. Meski kinerja di semester I-2018 mengalami tekanan, namun perseroan optimistis permintaan di pasar domestik akan menyokong top line hingga akhir tahun.
Rekomendasi : Netral
 
ACST : Masih optimis mencapai target kontrak baru sebesar Rp. 10 triliun di tahun ini meski hingga pekan terakhir Agustus 2018, target baru mencapai Rp. 313 miliar. Perseroan masih membidik sejumlah proyek infrastruktur dan pekerjaan jalan tol laying menjadi salah satu pilihan utama perseroan dan saat ini tender sejumlah proyek masih berlangsung.
Rekomendasi : Netral
 
SSIA : Hanya akan mengambil porsi minoritas dalam konsorsium jalan tol Cipali-Patimban dengan estimasi investasi mencapai Rp. 5 triliun. Perseroan sudah menerima surat persetujuan pembentukan konsorsium dari Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan saat ini perseroan tengah menunggu panggilan untuk mengikuti tender guna memperoleh hak konsesi.
Rekomendasi : Netral
 
INCO : Pembentukan perusahaan patungan untuk menggarap dua proyek smelter di Bahodopi-Sulawesi Tengah dan Pomalaa-Sulawesi Tenggara, dapat rampung di tahun 2018. Saat ini perseroan masih menunggu pra-feasibility study dari sejumlah calon mitra. Untuk proyek Smelter di Pomalaa, partner yang sudah pasti adalah Sumitomo. Sementara di Bahodopi, masih ada 2-3 perusahaan yang mengajukan pra-feasibility study.
Rekomendasi : Netral
 
BBNI :  Menargetkan nilai hapus buku kredit macet atau write off pada tahun ini sebesar Rp. 7 triliun atau akan lebih rendah dibandingkan dengan realisasi tahun lalu yang mencapai Rp. 8,7 triliun. Hingga semester I-2018, write off yang telah direalisasikan perseroan mencapai Rp. 4,2 triliun.
Rekomendasi : Netral
 
AGRO : Akan menerbitkan saham melalui Penawaran Umum Terbatas (PUT) IV pada 18-24 September 2018 mendatang dengan harapan kepemilikan saham oleh publik akan naik. Perseroan akan menerbikan sebanyak-banyaknya 5 miliar lembar saham atau sekitar 27% saham baru dari jumlah saham yang ditempatkan perseroan. Perseroan menargetkand ana sebesar Rp. 2 triliun apabila seluruh saham yang ditawarkan dengan harga Rp. 400 per saham terserap seluruhnya.
Rekomendasi : Netral

Morning Meeting

Morning Note 21 November 201821 Nov 2018 08:49

IHSG di perdagangan Senin, awal pekan kemarin sebelum libur, mengakhiri penguatan beruntunnya dan ditutup terkoreksi. IHSG ditutup turun 7,05 poin atau terkoreksi –0,12% setelah [ ... ]

Read more...
Morning Note 16 November 201816 Nov 2018 09:05

IHSG di perdagangan kemarin masih melanjutkan penguatannya untuk hari ketiga secara beruntun. IHSG di tutup naik 97,44 poin atau menguat 1,66% setelah di sepanjang sesi perdagangan [ ... ]

Read more...
Morning Note 14 November 201814 Nov 2018 09:00

IHSG di perdagangan kemarin ditutup naik 58,15 poin atau menguat 1,01% setelah bergerak sideways dalam range 5.747,53 - 5.850,38. Sebanyak 168 saham ditutup menguat, 188 saham melemah [ ... ]

Read more...
Morning Note 13 November 201813 Nov 2018 09:10

IHSG di perdagangan kemarin masih melanjutkan pelemahannya. IHSG ditutup turun 97,10 poin atau melemah –1,65% setelah bergerak melemah di hampir sepanjang sesi perdagangan. [ ... ]

Read more...
Morning Note 12 November 201812 Nov 2018 08:55

IHSG di perdagangan akhir pekan kemarin mengakhiri rally-nya selama delapan hari beruntun dan ditutup terkoreksi signifikan. IHSG ditutup turun 102,65 poin atau terkoreksi –1,72% [ ... ]

Read more...
  • Yuk Nabung Saham, Ayo Investasi di Reksa Dana
  • Yuk Nabung Saham
  • OJK
  • IDX
  • KPEI
  • KSEI
  • Akses-Ksei
  • SIPF