News:
Perhatian| PT. EQUITY SECURITIES INDONESIA Terdaftar dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) | Kami beritahukan bahwa telah dilakukan update pada Aplikasi online ESI-ON ke ver. 1.0.0.57 | Apabila terjadi Error pada aplikasi Online anda silahkan hubungi Admin Online Trading, dengan Ibu Veny |

Opening

Posted in Online

Tata Cara Pemakaian Rekening Efek ESI-ON

Pembukaan Rekening

1)    Untuk menggunakan fasilitas ESI-ON Online Trading, calon Nasabah harus mengisi dan melengkapi formulir pembukaan rekening ESI-ON yang dapat dicetak dari situs ESI-ON (terlampir) :

a)  Formulir Data Pemilik Rekening Efek, Perjanjian Pembukaan Rekening Perorangan, Syarat dan Ketentuan   ESI-ON Online Trading di tanda tangani diatas materai (akan dibebankan kepada calon Nasabah sebanyak 4 (empat) lembar materai).

b)  Dimohon untuk membubuhkan paraf setiap halaman yang membutuhkan paraf (lokasi kanan bawah pada setiap halaman)

c)  Untuk kolom alamat rumah, mohon untuk disamakan dengan KTP/Identitas  yang berlaku.

d)  Apabila terjadi kesalahan dalam pengisian formulir, mohon untuk dicoret, dan diberi paraf.

e)  Nama pemilik rekening bank pada instruksi pembayaran harus sama dengan rekening Efek perorangan yang dibuka.

f)   Menyertakan fotokopi KTP yang masih berlaku

g)  Diharuskan untuk memiliki alamat e-mail dan kelengkapan nama Ibu Kandung sebelum menikah untuk data verifikasi Call Centre.

2)    Mohon agar dapat dikirimkan/ diserahkan menyerahkan kepada Customer Officer kami disertai dengan :

a)  Foto copy identitas yang berlaku (KTP/SIM/Passport)

b)  Copy NPWP (bila ada)

c)  Dokumen lain jika diperlukan (fotocopy rekening bank)

3)  Setelah kami melakukan verifikasi kelengkapan data sesuai dengan yang disyaratkan, kami akan mengirimkan email pemberitahuan yang berisi pengaktifan rekening ESI-ON beserta User ID Nasabah,Password dan PIN yang dibuat oleh system.  Password dan PIN awal ini tidak bisa digunakan untuk bertransaksi, dan harus diganti sebelum Nasabah bisa melakukan transaksi perdagangan. Mohon untuk menghubungi Call Centre kami apabila dalam kurun waktu 1x24 jam setelah pengiriman formulir, Nasabah tidak mendapatkan email pemberitahuan pengaktifan rekening ESI-ON.

4)  Nasabah mengetahui bahwa semua transaksi yang dilakukan harus sesuai dengan ketentuan yang diperbolehkan oleh Bursa Efek Indonesia dan tunduk kepada Peraturan Undang-Undang Pasar Modal   yang berlaku.  Sebagai contoh adalah tidak diperbolehkannya melakukan marking up harga atau proses pembentukan perdagangan semu.

 

Transaksi Nasabah

1. Tidak ada minimum deposit awal,  pembelian saham hanya bisa dilakukan sesuai dengan ketersediaan saldo Cash Account. Dana harus good fund di rekening ESI-ON  pada Bank Central Asia Cabang Bursa Efek Indonesia, Account no. 749-005-1800 atas nama PT Equity Sekuritas Indonesia.

2. Biaya penggunaan aplikasi ESI-ON :

a)free trial untuk 2 minggu pertama semenjak User ID, Password dan PIN diberikan,  untuk mendapatkan akses market info, transaksi pembelian saham baru bisa dilakukan setelah adanya kecukupan dana di saldo Cash Account dan order transaksi penjualan saham baru bisa dilaksanakan setelah adanya sahamgood delivery di rekening saham ESI-ON.

b)  Setelahfree trial 2 minggu berakhir,  minimum balance yang harus tersedia di saldo cash account Rp 99.000, dimana  akan dipotong dari setiap akhir  bulan Rp. 33.000,- untuk mendapatkan akses market info, selama 3 bulan, sesuai yang dibebankan oleh pihak Bursa Efek Indonesia. Apabila rekening Efek tidak aktif selama 3 bulan, maka rekening akan di suspend secara otomatis.

c) Apabila saldo cash account tidak tersedia dana, namun masih tersedia saldo Efek, ketika nasabah melakukan penjualan, akan dipotong biaya akses tersebut sesuai nilai yang terhutang. BEI akan memotong biaya akses market info setiap akhir bulan.

3. Nasabah hanya bisa menjual saham yang tercatat pada portfolio sahamnya. Tidak ada fasilitas short selling.

4.Limit = limit transaksi beli yang bisa dilakukan oleh nasabah, terdiri dari saldo cash account dan dana settlement penjualan yang belum masuk jatuh tempo T+3. Limit transaksi ini akan selalu berubah-ubah sesuai dengan ketersediaan saldo cash account nasabah.

5.Saldo Cash Account =  nilai dana yang tersedia, penampungan dana efektif T+3 setelah settlement jual. Nilai dana saldo cash account ini yang dapat ditarik oleh nasabah, setelah dikurangi minimum balance Rp. 99.000,- untuk biaya market info selama 3 bulan.

6. Apabila terjadi kegagalan dalam system perdagangan ESI-ON, Nasabah dapat menghubungi Call Center untuk melakukan transaksi pembelian/penjualan saham dimana dealer harus melakukan verifikasi data terlebih dahulu sebelum melaksanakan amanat beli/jual. Komisi beli dan jual melalui Call Centre akan berubah menjadi 0.25% untuk transaksi beli dan 0.35% untuk transaksi jual.

 

Pembayaran

1)  Dengan diaktifkannya rekening ESI-ON, Nasabah dapat melakukan setoran dana awal ke rekening bank yang ditunjuk oleh PT ESI, selambat-lambatnya  14 hari kerja bursa ke :

Bank Central Asia Cabang Bursa Efek Indonesia

Account no : 749-005-1800

Nama : PT Equity Sekuritas Indonesia

 

2)  Petugas kami akan memproses seluruh setoran dana pada setiap hari kerja pada jam :

a)       Batch 1       : max pada jam 09.00 pagi dana telah good fund pada rekening kami untuk dapat bertransaksi pada sesi pertama

b)       Batch ke 2   : 09.00 s/d 13.00 untuk dapat bertransaksi pada sesi ke dua

c)       Batch ke 3    : 13.00 s/d 14.30 untuk dapat bertransaksi mulai jam 15.00 WIB

 

3)  Apabila Nasabah menggunakan BCA, sebagai bank penerimaan hasil penjualan saham, maka untuk penarikan dana Cash Account tersebut tidak dikenakan  biaya.

4)  Biaya penarikan dana/biaya transfer dari ESI kepada Nasabah untuk bank non BCA akan dibebankan kepada Nasabah senilai yang dibebankan oleh pihak Bank baik itu secara kliring atau  RTGS.

5)  Settlement beli =  T+0/sesuai dengan dana saldo cash account yang tersedia

6)  Settlement jual = Perusahaan akan menempatkan dana hasil penjualan pada saldo Cash Account masing-masing nasabah pada jatuh tempo pembayaran (T+3). Nilai transaksi penjualan yang “match” akan menambah limit transaksi.

7)  Untuk setiap penarikan dana cash account, Nasabah yang menggunakan BCA sebagai bank penerimaan hasil penjualan saham dan memberikan instruksi kepada Call Centre dengan limit waktu jam 12.00 siang untuk batch pengiriman hari kerja bursa yang sama. Setelah jam 12.00, permintaan transfer dana akan dilakukan hari berikutnya.

8)  Untuk bank penerimaan selain  BCA, pengiriman dana cash account akan dilaksanakan pada hari kerja bursa berikutnya (T+1).  Instruksi tarik dana cash account hanya dapat dilaksanakan setelah instruksi diterima lengkap oleh Call Centre.

9)  Setiap pengambilan dana, Call Centre akan mengirimkan Credit Note kepada email Nasabah sebagai notifikasi bahwa telah terjadi pengiriman dana Cash Account sesuai dengan permintaan Nasabah.

 

Pemindahan saham

1)  Pemindahan saham dari ke rekening reguler ESI ke ESI-ON Online Trading diperbolehkan namun mengacu pada ketentuan yang ditetapkan oleh KSEI.

2)  Pemindahan saham dari Anggota Broker lain diperbolehkan sepanjang ketentuan KSEI terpenuhi, (dimana nama pemilik rekening Efek di kedua sekuritas itu sama) dengan beban biaya pindah antar AB sesuai yang dibebankan oleh KSEI (status pada saat ini adalah Rp. 22.000,- including PPN) per jenis saham. Instruksi pemindahan antar broker harus dibuat secara tertulis diatas meterai.

 

Penutupan Rekening Online Trading

Rekening ESI-ON akan secara disuspend apabila dalam waktu 3 (tiga) bulan berturut-turut tidak ada transaksi.  3 (tiga) bulan setelah suspend, apabila tidak ada kecukupan dana pada saldo Cash Account dan sudah tidak memiliki saldo Efek, dan Nasabah tidak melakukan re-opening account maka rekening akan ditutup secara otomatis.

Untuk informasi lebih lanjut, Nasabah dapat menghubungi petugas Call Centre kami melalui telepon atau email dan website kami dibawah ini :

 

ESI-ON Online Trading

PT Equity Sekuritas Indonesia

Telp : (62-21) 806 32800

Fax : (62-21) 384 0041 / 386 2662

Call Centre : (62-21) 570 6700

CS email : sales2@esi-on.com

Website  : www.esi-on.com

Alamat : Wisma Hayam Wuruk Lt. 12

Jalan Hayam Wuruk No. 8

Jakarta 10120

Download Hal-hal penting